Selasa, 24 Januari 2023

LUNCAT TINGI/LOMPAT TALI

                                                      Foto anak SDN Pajagan Sedang bermain lompat tali 

Lompat tali adalah sebuah permainan dimana satu orang atau lebih melompati sebuah tali yang dikibas-kibaskan sehingga kibasan tali tersebut melintasi bagian bawah kaki mereka dan atas kepala mereka. Terdapat berbagai jenis lompat tali yang meliputi: gaya bebas tunggal, kecepatan tunggal, pasangan, kecepatan tiga orang, dan gaya bebas tiga orang.

Permainan loncat tinggi, atau sering dikenal dengan luncat tali atau jika di bahasa Indonesiakan adalah lompat tali. Loncat tinggi (dalam bahasa Sunda) merupakan suatu permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak pada jaman dahulu. Permainan yang sangat digemari oleh kalangan anak-anak. Permainan tradisional ini merupakan suatu permainan yang menjadi suatu ciri khas kebudayaan Indonesia, khusunya Jawa Barat.

Luncat tali atau yang sering dikenal dengan loncat tinggi merupakan suatu permainan yang cara bermainya itu dengan melompati tali yang tali tersebut di pegang oleh 2 (dua ) orang pemain lainnya. Dan tali itu sedikit- demi sedikit di naikan ke atas hingga terus bertambahnya level permainan.

Permainan ini dimainkan oleh 3 (tiga) orang atau pun lebih. Menggunakan tali yang panjang yang biasanya tali tersebut berbahan dari karet yang di buat seperti kepangan rambut, atau di satu-satukan satu persatu sehingga menjadi panjang.

Cara permainan ini yakni ada 2 (dua) orang yang bertugas sebagai penjaga, maksudnya adalah mereka ditugaskan untuk memegang ujung tali. Dari mulai tahap awal yakni dari mulai lutut hingga naik ke atas atau dikenal dengan level merdeka.

Level Merdeka yakni tali tersebut dilambungkan atau diacungkan ke atas dengan setinggi-tingginya. Level-level dalam permainan ini dimulai dari level yang tingginya diatas lutut, tali puser, dada, telinga, kepala lalu merdeka atau diatas kepala.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Permainan Wayang dari Pelepah Singkong

 Permainan Wayang dari Pelepah Singkong Dunia pendidikan tidak terlepas dari sebuah budaya, di mana pemerintah telah melakukan beberapa peru...