Jumat, 27 Januari 2023

Permainan Wayang dari Pelepah Singkong

 Permainan Wayang dari Pelepah Singkong


Dunia pendidikan tidak terlepas dari sebuah budaya, di mana pemerintah telah melakukan beberapa perubahan -perubahan salah satunya yaitu penerapan Kurikulum Merdeka.

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran Intrakurikuller yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.  Oleh karena pembelajaran berpusat pada peserta didik.

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Salah satu contoh untuk menerapkan dimensi berkebinekaan global, adalah mengenali budaya baik itu secara nasional ataupun daerah.

Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia. Sebagai bangsa Indonesia kita wajib memelihara dan melestararikan keragaman budaya yang ada di indonesia.

Bentuk pembelajaran secara sederhana di sekolah sebagai kearifan lokal yaitu bisa menggunakan pelepah/batang daun singkong yang bisa di bentuk boneka atau wayang yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Wayang dari batang/pelepah singkong ini pernah menjadi sebuah primadona permainan bagi anak desa pada masanya. Pada masa sekarangpun masih bisa untuk di kenalkan lagi kepada para siswa agar mereka mengenal lebih jauh dan ada ketertarikan terhadap budaya sehingga menjadi sebuah pembelajaran yang bermakna.

Lalu bagaimana cara dan proses pembuatannya? 

Bersambung

1 komentar:

  1. sangat menarik permainan wayang dari pelepah daun singkong ini, dia pernah jaya pada masanya

    BalasHapus

Permainan Wayang dari Pelepah Singkong

 Permainan Wayang dari Pelepah Singkong Dunia pendidikan tidak terlepas dari sebuah budaya, di mana pemerintah telah melakukan beberapa peru...